Pages

Senin, 17 November 2014

Waspadai Demam Pada Anak


Semua anak pasti akan mengalami demam di dalam hidupnya, dan demam memang merupakan alasan tersering untuk berobat ke dokter.4 Sebenarnya apakah demam itu dan penyakit apa sajakah yang ditandai dengan demam? Pengobatan apa yang dapat diberikan ketika demam melanda? Di dalam artikel ini akan dibahas beberapa penyakit tersering yang ditandai dengan demam dan saran pengobatan demam tersebut.

Apakah demam itu?

Demam adalah kondisi tubuh saat suhu tubuh meningkat hingga lebih dari 37.6° C pada temperatur telinga atau lebih dari 38° C pada pengukuran di dubur. Demam adalah reaksi normal tubuh yang terjadi terhadap adanya infeksi dalam tubuh yang disebabkan oleh masuknya patogen (virus, bakteri atau mikroorganisme lain yang menyebabkan penyakit). Jadi demam bisa dikatakan sebagai penanda bahwa tubuh sedang ada infeksi. 14
Kondisi demam ini sering membuat anak menjadi tidak nyaman. Anak menjadi tidak mau makan dan/atau minum, sehingga tampak lemas atau kurang aktif.



Penyakit anak yang sering menyebabkan demam

Ibu perlu mengetahui penyakit-penyakit apa saja yang bisa menyebabkan demam pada anak sehingga bisa mengantisipasi kondisi demam. Demam pada anak memang paling banyak disebabkan oleh karena infeksi, baik karena infeksi virus ataupun bakteri.
Infeksi yang paling umum dijumpai adalah infeksi virus pada penyakit flu atau penyakit gastroenteritis/diare. Selain itu, perlu diwaspadai juga karena demam juga adalah gejala dari penyakit demam dengue/demam berdarah dengue dan demam typhoid.
Penyakit-penyakit lain yang bukan disebabkan oleh karena infeksi tapi bisa ditandai dengan adanya demam adalah:2
  • Penyakit autoimun, misalnya lupus, inflammatory bowel-disease, artritis reumatoid juvenil
  • Penyakit Kawasaki – penyakit ini sering mengenai anak-anak keturunan Jepang dan Korea dan menyerang bagian kulit, mulut dan kelenjar getah bening. Penyebab penyakit ini masih belum diketahui namun, gejala utama penyakit yang sering mengenai anak usia 1-2 tahun adalah demam lebih dari 5 hari, adanya mata merah, ruam pada kulit dan pembengkakan kelenjar getah bening)17,18 Kelainan hormon (hipertiroid)
  • Kanker – merupakan salah satu etiologi demam pada anak yang berkepanjangan yang tidak diketahui sebabnya atau dikenal secara medis sebagai fever of unknown origin.19
  • Pasca vaksinasi 19

Parasetamol untuk demam pada anak

Saat anak demam, salah satu pertolongan pertama adalah dengan menggunakan obat pereda demam, yaitu dengan obat golongan parasetamol. WHO menyarankan penggunaan parasetamol sebagai terapi untuk anak dengan suhu lebih dari 39° C.10 Parasetamol dinyatakan aman dalam penggunaannya 5, 15, terlebih pada kondisi dimana penyebab demam belum diketahui. Parasetamol pun merupakan obat yang paling banyak dipakai dan menjadi obat acuan pertama dari banyak guidelines di dunia.9, 11, 12 Parasetamol juga menjadi pilihan pertama untuk penanganan demam pada anak maupun bayi 21 karena dengan penggunaan sesuai dosis (10-15mg/kgBB/dosis, bisa diulang maksimal setiap 4 jam) tidak memberikan efek samping.5, 13, 20 Parasetamol juga relatif tidak mengiritasi lambung.21

Jadi, demam memang adalah salah satu gejala dan tanda pada banyak penyakit yang mungkin menyerang sang buah hati. Namun, Ibu tidak perlu panik. Ibu harus waspada dan perlu tahu apa yang bisa dilakukan saat anak demam. Bila dengan pertolongan pertama, demam juga tidak kunjung reda, maka sebaiknya ibu mencari pertolongan tenaga medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar